Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.
Dengan adanya sebuah strategi yang baik,
diharapkan proses pemasaran
akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan
satu gaya marketing saja.
Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing
secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa
dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai
produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui
strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan,
memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa
menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu
strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh
para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk
mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas
yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin
penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.
Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar
yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu,
jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian
rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan
produk.
Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran
yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing
kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk
menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi
Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil:
1. Promosi
Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada
konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau
menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih
kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya
promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya
upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat
orang lain jengah.
Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk
bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau
Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai
di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial,
meng-sms rekan dan sebagainya.
Banyak sekali upaya-upaya kreatif yang bisa Anda lakukan dalam rangka
mengupayakan promosi secara terus menerus. Pada saatnya Anda akan
menemukan orang-orang yang memang membutuhkan jasa atau produk yang Anda
tawarkan.
2. Kreativitas cara marketing
Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran
agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk
mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada
banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah
dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan
produk usaha.
Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal.
Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing.
Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs
jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang
unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya
bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat
dibutuhkan.
Sumber