Koperasi aktif merangsang pertumbuhan ekonomi yang baik


KEMENTERIAN Negara Koperasi dan UKM mencatat sebanyak 19 persen dari! 77.482 koperasi di Indonesia tidak aktif. Diharapkan tahun-tahun mendatang koperasi yang ada tetap aktif sehingga pertumbuhan ekonomi akan tumbuh dengan baik. kata Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan, pada kunjungan kerja ke Provinsi Lampung.

Dia menyebutkan, pelaku usaha kecil menengah di Tanah Alr tergabung dalam wadah koperasi saat ini tumbuh dan berkembang. Karena itu, lanjut dia, diharapkan angka koperasi yang tidak aktif akan terus menurun.

Ia menjelaskan, koperasi di Indonesia setiap tahun terus menunjukkan peningkatan aktif dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat. Menurutnya, pertumbuhan koperasi rata-rata nasional dalam beberap tahun terakhir Juga menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dari sekitar 1 SO ribu menjadi 177.482 unit koperasi.

Berbagai upaya ditempuh agar koperasi di Indonesia tetap aktif salah satunya dengan menumbuh kembangkan pelaku usaha UKM yang tersebar di Tanah Alr sehingga perekonomian nasional dapat tumbuh tinggi.

Pertumbuhan eknoml di tanah alr pada 2014 ditargetkan 7,7 persen dan pengurangan angka kemiskinan B persen serta pengangguran S persen.Pemberdayaan koperasi UKM dengan pelaku usaha sebanyak 53 Juta unit di Tanah Alr, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,kata dia.

Menteri Koperasi dan UKM Itu lebih lanjut mengatakan, pertumbuhan ekonomi sebesar Itu sepertinya tidak sulit dicapai melihat semua potensi yang ada dapat dimaksimalkan dengan baik.

Sementara itu, koperasi di Lampung saat Ini berjumlah sekitar 3.400 unit. Dari Jumlah Itu yang tidak aktif sekitar S persen. Koperasi di Lampung dapat tumbuh dan berkembang mengingat potensi pelaku usaha UKM yang cukup tinggi."

Sumber : Jurnal Indonesia

0 comments: